Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH

Ulfa, Haazimah (Unknown)
Siregar, Waliyul Maulana (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Hatmi, Edizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Multimedia Interaktif Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 103799 Bandar Khalipah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Sampel penelitian ini menggunakan keseluruhan siswa kelas V, Populasi pada penelitian di kelas V dengan total keseluruhan siswa sebanyak 40 orang. Instrument penelitian menggunakan tes pretest dan posttest yang telah melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran, Uji Daya Pembeda. Teknik analisis dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata pada kelas ekperimen setelah diberikan pelakuan yaitu 17,7 dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas ekperimen sebelum diberikan perlakuan yaitu 10,27. Pada kelas kontrol nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan 10,3 dan diperoleh nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan 7,7. Uji normalitas data post-test diketahui 0,62 > 0,05 pada kelas eksperimen dan 0,058  > 0,05 pada kelas kontrol, dapat dinyatakan kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,215 > 0,05 dinyatakan sampel pada kedua kelompok memiliki varians yang sama. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,001 < 0,05, membuktikan Ha diterima Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh multimedia interaktif berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar pada materi keberagaman budaya indonesiaku pada kelas V SDN 103799 Bandar Khalipah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...