Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran menggunakan model role playing di kelas V SD Negeri 0902 Bombongan, untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar siswa kelas V dengan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Kuantitatif Eksperimen. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; (1) Observasi; (2) Angket; (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran role playing diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,04 dengan kategori “Baik”. Sedangkan minat belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori “Cukup”. Dari hasil penelitian juga Pada output Tabel ANOVA didapatkan nilai sig. sebesar = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan.
Copyrights © 2025