Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 0902 BOMBONGAN

Sucahyo, Eko (Unknown)
Kusuma Ningtyas, Rani (Unknown)
Nurzanna, Nurzanna (Unknown)
Sabri, Sabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran menggunakan model role playing di kelas V SD Negeri 0902 Bombongan, untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar siswa kelas V dengan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Kuantitatif Eksperimen. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; (1) Observasi; (2) Angket; (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran role playing diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,04 dengan kategori “Baik”. Sedangkan minat belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori “Cukup”. Dari hasil penelitian juga Pada output Tabel ANOVA didapatkan nilai sig. sebesar = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...