Penelitian ini mengevaluasi efektivitas kurikulum Bahasa Arab yang diterapkan di MIN 2 Tangerang Selatan dengan fokus pada penggunaan evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Evaluasi kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran strategis dalam membentuk karakter islami dan kompetensi dasar keagamaan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengukur sejauh mana kurikulum Bahasa Arab ini berjalan sesuai tujuan dalam konteks MIN 2 Tangerang Selatan. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Pada aspek konteks, kurikulum Bahasa Arab di MIN 2 Tangerang Selatan telah disusun selaras dengan visi madrasah, yakni melalui implementasi Kurikulum Berbasis Cinta yang menekankan nilai-nilai religius dan humanistik. Pada aspek input, kualifikasi guru, bahan ajar, dan sarana prasarana dinilai memadai meski masih terdapat kekurangan pada koleksi perpustakaan. Dari aspek proses, pembelajaran berlangsung aktif dan variatif dengan pendekatan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa. Sementara itu, pada aspek produk, nilai raport siswa menunjukkan capaian hasil belajar yang tergolong baik hingga sangat baik, dengan mayoritas siswa memperoleh nilai di atas KKM. Penelitian ini membuktikan bahwa model evaluasi CIPP efektif dalam menilai efektivitas kurikulum secara menyeluruh dan dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pendidikan berbasis data.
Copyrights © 2025