Mubeza
Vol. 14 No. 1 (2024): Maret 2024

Dinamika Transformasi Media

Karerek (Unknown)
Nurliza Azzahra, Karin (Unknown)
Priambodo, Galih (Unknown)
Jufrizal (Unknown)
Nasution, Nurseri Hasnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Transformasi media telah menjadi salah satu tren yang paling mencolok dalam beberapa dekade terakhir. Transformasi ini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara media beroperasi, didistribusikan, dan dikonsumsi. Salah satu perubahan terpenting yang telah terjadi adalah pergeseran dari media tradisional ke media digital. Media tradisional, seperti televisi, radio, dan surat kabar, telah digantikan oleh media digital, seperti internet, media sosial, dan perangkat seluler. Perubahan ini telah meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi dan komunikasi, serta mengurangi biaya produksi dan distribusi. Perubahan lain yang terjadi adalah transformasi model bisnis media. Media tradisional yang mengandalkan pendapatan dari model iklan tradisional menghadapi tantangan yang cukup besar dari media digital yang mengandalkan pendapatan dari berlangganan dan iklan digital. Perubahan ini menyebabkan konsolidasi kepemilikan media, dengan perusahaan media besar yang semakin mendominasi industri media. Transformasi media juga berdampak pada politik. Media telah menjadi kekuatan yang semakin penting dalam proses politik, seringkali bertindak sebagai agen oposisi terhadap pemerintah. Transformasi media juga telah mengubah cara kampanye politik, dengan kampanye politik yang semakin mengandalkan media digital untuk menjangkau para pemilih.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mbz

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Mubeza : Pemikiran Hukum dan Ekonomi Islam memfokuskan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca tentang Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia melalui publikasi artikel dan resensi buku, antara lain : Pemikiran dan Terapan Ekonomi Syariah, Keuangan dan Perbankan syariah, Ilmu Akutansi ...