Jurnal Syaikh Mudo Madlawan
Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Syaikh Mudo Madlawan

PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR'AN DAN HADIS (MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF AHMED AL-TAYYEB DAN QURAISH SHIHAB)

Fantofik, Didy (Unknown)
Marhumah, Marhumah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep moderasi beragama dalam Al-Qur’an dan hadis, serta menganalisis pemikiran dua tokoh kontemporer Islam: Prof. Dr. Ahmed Al-Tayyeb (Grand Syaikh Al-Azhar) dan Prof. Dr. M. Quraish Shihab (ulama dan mufassir Indonesia). Pendidikan moderasi beragama menjadi krusial dalam menghadapi meningkatnya ekstremisme dan intoleransi atas nama agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil kajian menunjukkan bahwa Al-Qur’an dan hadis mengajarkan prinsip wasathiyah (jalan tengah) sebagai fondasi Islam. Ahmed Al-Tayyeb menekankan pentingnya pendidikan Islam berbasis nilai keadilan, toleransi, dan hidup berdampingan. Sementara Quraish Shihab melihat moderasi sebagai manifestasi Islam rahmatan lil ‘ālamīn yang harus diterjemahkan dalam konteks sosial multikultural. Dengan demikian, pendidikan moderasi beragama harus menjadi kurikulum inti dalam membangun peradaban damai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsmm

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Syaikh Mudo Madlawan is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September). Jurnal Keislaman aims to facilitate and disseminate innovative and creative ideas of researchers, academicians, and practitioners who concentrate on interdisciplinary Islamic issues ranging from ...