Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 4 (2025): Journal on Teacher Education

Pelatihan dan Pengembangan Metode Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Inquiry-Based Open Resource di MAN 1 Simalungun

M. Ginting, Andres (Unknown)
Asnewastri, Asnewastri (Unknown)
Fakhri Hutauruk, Ahmad (Unknown)
H. Hasugian, Jalatua (Unknown)
Chandra, Satria (Unknown)
Khairunnisa, Elvira (Unknown)
Lia Suci, Helma (Unknown)
Sembiring, Hebirkanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan dan pengembangan metode pembelajaran inquiry dengan pendekatan Inquiry-Based Open Resource (IBOR) dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Simalungun pada tahun 2025. Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih adaptif, kreatif, dan mampu memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan IBOR memberikan ruang kepada guru dan siswa untuk mengakses, memodifikasi, dan mengembangkan sumber belajar terbuka yang relevan dengan kebutuhan lokal dan konteks pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran inquiry dan keterampilan dalam memanfaatkan sumber terbuka. Selain itu, guru lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang menumbuhkan rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan kemandirian belajar peserta didik. Pelatihan ini juga berdampak positif terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara lebih efektif dan bermakna di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...