Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengembangan dan efektivitas e-modul bermuatan etnobotani terintegrasi aplikasi picturethis untuk meningkatkan keterampilan sains siswa

Nugraheni, Latif Sofiana (Unknown)
Anugrah Sari, Indah (Unknown)
Amelia, Amelia (Unknown)
Aulia Putri, Fika (Unknown)
Mukhoyyaroh, Qiswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa saat ini tergolong rendah disebabkan oleh pembelajaran yang kurang kontektual dan teoritis, siswa kurang dilibatkan secara aktif, terbatasnya integrasi potensi lokal dan teknologi. Melalui pengembangan E-modul bermuatan Etnobotani terintegrasi aplikasi PictureThis memungkinkan siswa mengamati dan mengidentifikasi secara langsung tanaman lokal menggunakan teknologi, integrasi konteks lokal dalam pelestarian lingkungan agar siswa memperoleh pengetahuan tentang tanaman lokal melalui serangkaian proses ilmiah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan, efektivitas dan respon pengguna terhadap E-modul bermuatan Etnobotani terintegrasi aplikasi PictureThis terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian menggunakan Research and Development model ADDIE. Sampel 35 siswa kelas X dan satu guru biologi SMAN 1 Warunggunung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi studi awal, angket uji kelayakan produk berdasarkan materi, media dan bahasa, angket uji kelayakan produk berdasarkan skala terbatas dan besar, angket respon pengguna dan uji pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji kelayakan produk sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Uji efektivitas media pembelajaran P-value 0.005 (0.005 < 0.05), maka terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Respon siswa terhadap media pembelajaran sebesar 88% kategori sangat layak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...