Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
Vol. 13 No. 2 (2025)

Pengaruh Variasi Lebar Ban Terhadap Efisiensi Dan Konsumsi Energi Pada Kendaraan Listrik: The Effect of Tire Width Variations on Efficiency and Energy Consumption in Electric Vehicles

Lastika, I Gusti Kadek Dodi (Unknown)
I Made Mara (Unknown)
I Dewa Ketut Okariawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi lebar ban terhadap konsumsi energi dan efisiensi energi pada kendaraan listrik prototipe. Metode eksperimen dilakukan menggunakan tiga variasi lebar ban: 1.75 × 16 – 1.75 × 20 inci, 2.25 × 16 – 2.25 × 20 inci, dan 2.50 × 16 – 2.30 × 20 inci. Pengujian dilakukan pada malam hari dengan lintasan aspal sepanjang 6,7 km, menggunakan teknik eco-driving untuk memastikan konsumsi energi yang efisien. Data konsumsi energi (Wh/km) dan efisiensi energi (km/Wh) diukur menggunakan joulemeter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa lebar ban memengaruhi konsumsi energi dan efisiensi energi secara signifikan. Ban berukuran 1.75 × 16 – 1.75 × 20 inci memberikan konsumsi energi terendah sebesar 24,9 Wh/km dengan efisiensi energi 0,040 km/Wh, sedangkan ban berukuran 2.50 × 16 – 2.30 × 20 inci memiliki konsumsi energi tertinggi sebesar 43,5 Wh/km dengan efisiensi energi 0,022 km/Wh. Temuan ini menegaskan bahwa pemilihan lebar ban yang tepat dapat meningkatkan efisiensi daya pada kendaraan hemat energi, terutama untuk kategori prototipe. This study aims to analyze the effect of tire width variation on energy consumption and energy efficiency in a prototype electric vehicle. The experimental method was carried out using three tire width configurations: 1.75 × 16 – 1.75 × 20 inches, 2.25 × 16 – 2.25 × 20 inches, and 2.50 × 16 – 2.30 × 20 inches. Tests were conducted at night on a 6.7 km asphalt track using an eco-driving technique to ensure efficient energy consumption. Energy consumption (Wh/km) and energy efficiency (km/Wh) were measured using a joulemeter. The results showed that tire width significantly affects energy consumption and energy efficiency. The 1.75 × 16 – 1.75 × 20 inch tire configuration yielded the lowest energy consumption of 24.9 Wh/km with an energy efficiency of 0.040 km/Wh, while the 2.50 × 16 – 2.30 × 20 inch tires recorded the highest energy consumption of 43.5 Wh/km with an efficiency of 0.022 km/Wh. These findings emphasize that proper tire width selection can enhance power efficiency in energy-efficient vehicles, particularly for prototype categories.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPTM

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...