Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 5 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar

Bayty, Sherly (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dari berbagai gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari 31 siswa kelas VIII A di SMPN 1 MANDIRAJA yang masing-masing mempunyai kriteria gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau teks tertulis dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Serta mampu menyajikan permasalahan kedalam bentuk gambar kemudian menuliskan persamaan atau model matematis secara tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinesteti kurang mampu memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau teks tertulis dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Serta  kurang mampu menyajikan permasalahan kedalam bentuk gambar kemudian menuliskan persamaan atau model matematis secara tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Dan subjek dengan gaya belajar auditori memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau teks tertulis dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Serta mampu menyajikan permasalahan kedalam bentuk gambar kemudian menuliskan persamaan atau model matematis secara tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...