Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Bahasa Daerah dalam meningkatkan karakter dan identitas budaya siswa, serta untuk mengetahui tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian dilakukan di SDN 011 Sangatta Utara dengan subjek guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Kutai dan siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Kutai berperan penting dalam pelestarian budaya lokal dan pembentukan karakter siswa. Penggunaan Bahasa Kutai secara rutin memperkuat identitas budaya serta menumbuhkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, hormat, dan empati. Kegiatan pembelajaran berbasis budaya lokal juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, pembelajaran ini mendukung toleransi dan kolaborasi antar siswa lintas budaya, selaras dengan tujuan Profil Pelajar Pancasila. Peran guru dan sekolah sangat penting dalam merancang pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025