Proses bisnis entitas juga dituntut menyesuaikan zaman dan preferensi konsumen yang terus berubah. Media iklan masih menjadi referensi utama konsumen dalam memutuskan mengonsumsi suatu produk maupun jasa. Iklan terutama dari media sosial banyak dijadikan referensi karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan preferensi konsumen yang ada. Saluran ini dipandang menjadi media yang efektif dan efisien guna mempengaruhi sisi psikologis konsumen. Riset ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana iklan mempengaruhi respon kognitif konsumen, serta apakah respon kognitif tersebut dapat mempengaruhi niat perilaku audiens. Penelitian ini menawarkan kebaruan yaitu berfokus pada aspek kognitif serta penggunaan alat analisis yang lebih relevan dengan zaman yaitu SEM-PLS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi kasus, dengan populasi para responden yang pernah terpapar iklan provider internet terkhusus di daerah Yogyakarta, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Teknik pengumpulan data pada riset ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden, serta menggunakan alat analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian ini secara simultan maupun parsial menjelaskan bahwa need for cognition berpengaruh positif signifikan terhadap respon kognitif, dan juga respon kognitif berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku. Riset ini bermanfaat pada pendekatan teoritis maupun praktis sebagai landasan ilmiah dalam upaya mengoptimalkan pesan iklan agar mudah direkognisi serta mampu mempengaruhi niat perilaku audiens
Copyrights © 2025