JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Strategi Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Komunikasi

Muhammad, Adzkiya Salsabila (Unknown)
Harso, Aloisius (Unknown)
Laka, Antonia Fransiska (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang digabungkan dengan strategi Scaffolding terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI fase F di MAN Ende pada tahun ajaran 2025/2026, sedangkan sampel penelitian kelas XI F 3 yang berjumlah 31 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui ujian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta lembar observasi. Data yang dianalisis adalah hasil ujian pemahaman konsep fisika terkait materi usaha dan energi serta temuan observasi mengenai kemampuan komunikasi siswa. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji t (One-Sample Test dan Paired Sample Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Scaffolding memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor dari pre-test sebesar 42,13 menjadi 85,94 pada post-test. Selain itu, strategi pembelajaran ini juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan komunikasi siswa, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...