SRI RAHMAYANTI RUKMANA. Tren penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) di kalangan mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab di Kota Makassar (dibimbing oleh Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum). Latar belakang. Teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang dan mulai dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab. Namun, sejauh mana mahasiswa benar-benar memanfaatkan teknologi ini, serta tantangan dan aspirasi mereka dalam mengintegrasikan AI ke dalam proses belajar masih belum banyak diteliti secara mendalam. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren penggunaan teknologi AI, persepsi kemudahan akses, hambatan yang dihadapi, dan saran mahasiswa untuk pengembangan teknologi AI dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 67 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Kota Makassar. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif menggunakan Microsoft Excel, serta dilengkapi refleksi teoritik melalui pendekatan TAM, DOI, dan Konstruktivisme. Hasil. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa aktif menggunakan AI, khususnya untuk penerjemahan teks Arab dan pemahaman tata bahasa. Mahasiswa merasakan kemudahan dalam mengakses teknologi AI, tetapi masih menghadapi kendala seperti biaya langganan dan ketidaksesuaian AI dengan konteks Bahasa Arab. Saran mahasiswa mencerminkan harapan akan pengembangan AI yang lebih akurat, terjangkau, dan kontekstual terhadap Bahasa Arab. Kesimpulan. AI telah menjadi alat bantu belajar yang signifikan bagi mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan, dosen, dan pengembang teknologi untuk menciptakan ekosistem pembelajaran berbasis AI yang inklusif dan relevan. Kata kunci: Artificial Intelligence; Bahasa Arab; mahasiswa; TAM; DOI; pembelajaran digital.
Copyrights © 2025