Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Systematic Literature Review: Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS pada Siswa Sekolah Dasar

Umamah, Umamah (Unknown)
Aris, Ika Evitasari (Unknown)
Oktaviani, Anna Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang konkret dan kontekstual menjadi kebutuhan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Kajian ini bertujuan untuk menelaah secara sistematis pengaruh media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar, dengan fokus pada aspek yang paling sering ditingkatkan serta karakteristik media yang dinilai efektif. Kajian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 13 artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2022 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh artikel melaporkan dampak positif penggunaan media diorama terhadap peningkatan hasil belajar siswa, terutama pada ranah kognitif. Selain itu, media ini juga mendukung peningkatan aspek afektif dan psikomotorik ketika digunakan dalam pembelajaran yang bersifat aktif dan kontekstual. Karakteristik media diorama yang paling efektif meliputi visualisasi konkret, relevansi dengan kehidupan sehari-hari, dan interaktivitas. Kajian ini merekomendasikan pengembangan kajian lanjutan berbasis bibliografik maupun bibliometrik untuk memperluas pemahaman tentang peran media diorama dalam berbagai pendekatan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...