Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 1 (2025): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Metode Periwayatan Hadis Pada Masa Nabi Muhammad Serta Kontribusinya Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter

Muawanah, Arofatul (Unknown)
Khoirul Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Periwayatan hadis pada masa Nabi Muhammad memiliki peran penting dalam menjaga keaslian ajaran Islam sekaligus membentuk akhlak para sahabat. Dalam konteks pendidikan modern, kajian tentang metode periwayatan hadis di masa Nabi menjadi relevan untuk menemukan nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dan penguatan karakter generasi muda. Krisis moral dan melemahnya nilai integritas di era globalisasi menuntut adanya model pendidikan berbasis nilai islam yang autentik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggali metode periwayatan hadis pada masa Nabi dan mengaitkan dengan kontribusnya terhadap penguatan karakter peserta didik masa kini.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik library research sebagai metode pengumpulan data. Sumber-sumber yang dikaji meliputi kitab-kitab hadis primer, literatur ulum al-hadis, serta penelitian-penelitian kontemporer yang relevan. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis isi (content analysis) untuk menafsirkan makna metode periwayatan hadis dan relevansi nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Proses analisis ini melibatkan pengelompokan temuan, interpretasi kritis, dan penarikan kesimpulan yang mendukung hubungan antara metode periwayatan dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode periwayatan hadis pada masa Nabi Muhammad SAW meliputi metode lisan, tulisan serta active learning melalui pengamatan langsung dan perjalanan ilmiah (rihlah). Metode-metode ini bukan hanya efektif dalam menjaga keotentikan hadis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, toleransi, kemampuan menyimak dan mendengarkan, tanggung jawab, kesabaran, toleransi, kerja sama, dsb. Temuan ini menegaskan bahwa tradisi periwayatan hadis pada masa Nabi dapat dijadikan model pedagogis dalam pendidikan Islam modern. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam mengintegrasikan warisan keilmuan Islam dengan upaya penguatan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...