JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 8, No 3 (2025): August 2025

PENGARUH ADMINISTRASI DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SE-KECAMATAN KOTA GAJAH

oktavia, berliana (Unknown)
dami, sudarman (Unknown)
dacholfany, muhammad ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh administrasi guru dan motivasi terhadap kinerja guru di Lembaga Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Lembaga Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 25 orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi IBM Statistic SPSS 24.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara administrasi guru terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi 76,0%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi 74,6%. (3) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh administrasi guru dan motivasi terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi 84,8%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...