Media sosial tik tok adalah Salah satu platform media sosial yang tengah digemari oleh generasi muda saat ini. Namun dalam penggunaannya tik tok dapat mempengaruhi karakter remaja terutama siswa. Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terdapat sebuah komptensi terkait dengan karakter yaitu sering disebut dengan Civic Disposition (Karakter Kewarganegaraan). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam dampak spenggunaan media sosial tik tok terhadap civic disposition baik positif dan negatif serta mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi dampak penggunaan media sosial tik tok di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Dasan Poto. Adapun penelitian ini menggunakan metode kaulitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, bentuk studinya adalah untuk melihat dan memahami arti dari suatu pengalaman individual yang berkaitan dengan suatu fenomena tertentu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tik tok memiliki dampak positif dan negatif terhadap civic disposition. Disimpulkan bahwa media sosial tik tok memiliki dampak terhadap civic disposition siswa di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Dasan Poto baik positif dan negatif tergantung bagaimana pemanfaatannya, serta porsi penggunaan dengan jangka waktu yang tidak berlebihan. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi dampak tersebut dilakukan dengan penerapan Pendidikan Pengembanagan Karakter (PPK) dengan kegiatan religious, pengenalan demokrasi melalui pemilihan OSIM, dan kegiatan ekstrakurikuler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025