Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa (Studi Kualitatif Deskriptif di SMP Pu Hua) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter mandiri siswa di SMP Pu Hua Purwokerto, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong dalam membentuk karakter mandiri di SMP Pu Hua Purwokerto Tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan empat tahapan yaitu collecting data, reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Analisis data serta pengolahan data menggunakan software NVivo 12 Plus untuk melakukan koding. Hasil penelitian menunjukan bahwa, bahan ajar berupa ATP, modul ajar, model pembelajaran berupa problem based learning dan project based learning, melalui metode pembelajaran presentasi, diskusi, studi kasus dan berbasis proyek. Evaluasi yang digunakan pada Pembelajaran pendidikan Pancasila berupa study case yang bertujuan untuk meningkatkan HOTS yang dapat membentuk karakter mandiri siswa SMP Pu Hua. Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam membentuk karakter mandiri. Melalui pembelajaran pendidikan pancasila, seperti dukungan dari stakeholders, program kegiatan sekolah yang mengarah pada karakter mandiri, visi misi sekolah, motto sekolah, orang tua membantu dalam membentuk karakter mandiri siswa. Sedangkan faktor yang menghambat seperti pola asuh yang kurang tepat, usia, lingkungan, globalisasi. Pembelajaran pendidikan pancasila dalam pelaksanaannya dikemas menarik dengan penggunaan komponen yang sesuai sehingga menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran pendidikan pancasila dan membentuk kerakter mandiri siswa.
Copyrights © 2025