Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PJBL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERTEMAKAN KERAGAMAN NUSANTARA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V

Sholeh, Moh. (Unknown)
Ikawati, Nur Laili Ikawati (Unknown)
Nugraha, Wimawantika Hapsari (Unknown)
Saputri, Oktavia Wahyuni (Unknown)
Rofiki, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tema Keragaman Nusantara di kelas V SD adalah langkah awal yang krusial dalam menanamkan kesadaran akan keberagaman budaya sejak dini.Salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan mengadopsi inovasi teknologi, seperti pengembangan  E-Modul  interaktif. Dengan mengintegrasikan model Project Based Learning melalui E-Modul, peserta didik tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar, sehingga pemahaman mereka terhadap konsep keragaman menjadi lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikenal juga R&D. Dengan tujuan mengembangkan E-Modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Keragaman Nusantara pada peserta didik kelas V. Hasilnya bahwa E-Modul  berbasis PjBL sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik dari aspek penggunaan, materi, desain, kebermanfaatan, dan juga aspek bahasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...