Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 12 (2024): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DENGAN PENERAPAN VALUE CHAIN DAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA CIMART

Susandra, Farizka (Unknown)
Nur Afif, Muhammad (Unknown)
Ayu Pramestidewi, Chandra (Unknown)
Adinda Fatimatul Adawiyah, Siti (Unknown)
Marsinah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Cimart merupakan kelompok usaha berjumlah 40 UMKM yang bergabung dalam sebuah grup kemudian menjual produk dan jasa lewat media sosial. Tahun 2019 hingga tahun 2022 Cimart menjadi toko online yang berkembang pesat ditengah kesulitan ekonomi global akibat dampak pandemi. Namun di akhir tahun 2022 Cimart mengalami kemunduran dan penurunan pendapatan, hal ini disebabkan adanya kebijakan pemerintah akan kondisi New Normal. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, Mitra diberikan pelatihan peningkatan efisiensi usaha dengan menggunakan metode value chain yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran penjualan dan layanan, pelatihan mengelola aplikasi web sendiri serta penjualan online pada berbagai platform e commerce, sosialisasi mengenai pengelolaan manajemen SDM dan pelaporan keuangan yang baik. Melalui pendekatan ini, para mitra memiliki pemahaman yang lebih baik tentang strategi dalam menjalankan kembali usaha, serta mendorong pengembangan rencana baru untuk  mengoptimalkan  Value  Chain,  menjamin pertumbuhan  berkelanjutan,  dan  meningkatkan  pendapatan ekonomi Cimart.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...