Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 10.D (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Strategi Manajemen Pusat Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Dan Kualitas Sumber Daya Pendidikan

Herdianty, Elien (Unknown)
Kridayani, Gita (Unknown)
Novianti, Nia (Unknown)
Ramadina, Rani (Unknown)
Resdianto, Juli (Unknown)
Widiyan, Tika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2025

Abstract

Pusat Sumber Belajar (PSB) memiliki peran krusial dalam mendukung proses pendidikan dengan menyediakan berbagai sumber daya edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen pusat sumber belajar (PSB) yang efektif dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas sumber daya pendidikan. Metode yang digunakan adalah library research, yaitu dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber sekunder, termasuk jurnal, buku, dan dokumen ilmiah terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen PSB yang efektif melibatkan perencanaan yang matang, pengorganisasian sumber daya yang efisien, pengarahan yang jelas, dan pengendalian yang ketat terhadap fasilitas pendidikan. Evaluasi kebutuhan pengguna, pengembangan infrastruktur dan program yang relevan, implementasi yang terencana, dan pengelolaan yang berkelanjutan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas PSB. Penelitian ini menyoroti pentingnya aksesibilitas fisik, teknologi, dan informasi sebagai elemen utama dalam memastikan pemanfaatan sumber belajar oleh semua pengguna. Selain itu, kualitas PSB juga ditekankan sebagai faktor krusial dalam mendukung proses pendidikan yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...