Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 10.D (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Analisis Kesalahan Afiksasi Pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Smp Negeri 4 Setu, Kabupaten Bekasi

Musliha, Ninis (Unknown)
Rosidin, Odien (Unknown)
Devi, Ade Anggraini Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan tata bahasa dan kosakata sehingga siswa kerap kali mengalami kesulitan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan bentuk kesalahan afiksasi pada teks laporan hasil observasi siswa SMP Negeri 4 Setu, Kabupaten Bekasi dan (b) menjelaskan penyebab terjadinya kesalahan afiksasi pada teks laporan hasil observasi siswa SMP Negeri 4 Setu, Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode cakap dengan teknik dasar pancing dan teknik lanjutan cakap semuka, teknik rekam, serta teknik catat. Selanjutnya sumber data pada penelitian ini adalah adalah teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VIII-SMP Negeri 4 Setu, Kabupaten Bekasi tahun ajaran 2023/2024. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dengan teknik lanjutan hubung banding menyamakan (HBS) dan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 75 data kesalahan afiksasi. Data tersebut dapat diperinci, sebagai berikut. (1) penghilangan prefiks sebanyak 7 data; (2) bunyi yang seharusnya luluh tidak diluluhkan sebanyak 7 data; (3) peluluhan bunyi yang seharusnya tidak luluh sebanyak 8 data; (4) penggantian morf sebanyak 15 data; (5) penyingkatan morf meN- sebanyak 5 data; (6) penggunaan afiks yang tidak tepat sebanyak 16 data; (7) penentuan bentuk dasar yang tidak tepat sebanyak 14 data; dan (8) penempatan afiks yang tidak tepat pada gabungan kata sebanyak 3 data. Adapun penyebab kesalahan afiksasi yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 4 Setu, Kabupaten Bekasi saat menulis teks laporan hasil observasi, yaitu: (1) siswa terpengaruh oleh bahasa yang terlebih dahulu dikuasainya, (2) siswa yang kurang memahami bahasa yang digunakannya, dan (3) kurang tepat dan kurang sempurnanya pengajaran bahasa yang diterima oleh siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...