Analisis butir soal merupakan kegiatan pengkajian tes untuk mendapatkan perangkat pertanyaan yang memiliki karakteristik yang sesuai. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui distribusi tingkat pemahaman soal-soal redoks di dalam keseluruhan soal dan untuk menghitung besaran distribusi soal-soal Redoks antara Buku sekolah dan LKS dengan ujian akhir nasional, ujian SBMPTN, dan olimpiade sains nasional berdasarkan tingkat pemahaman Taksonomi Bloom. Jenis studi ini adalah penelitian perpustakaan dengan memakai pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan sumber dari Buku Kimia Kelas 12, LKS Kimia Kelas 12, ujian nasional 2015-2019, ujian masuk perguruan tinggi 2016-2019, dan Olimpiade sains nasional 2016-2019. Hasil penelitian menunjukkan soal-soal yang ada di sekolah lebih mudah dibandingkan dengan soal-soal ujian di luar sekolah. Besaran distribusi keseluruhan soal-soal redoks Tingkat pemahaman C1 (12 poin soal), C2 (10 poin soal), C3 (6 poin soal) lebih banyak di Buku dan LKS kelas 12. Sedangkan Tingkat pemahaman C4 (17 butir soal), C5 (7 butir soal) lebih banyak di ujian akhir nasional, ujian SBMPTN, dan olimpiade sains nasional.
Copyrights © 2025