Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam

Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Niswi, Azra (Unknown)
Novianti, Winda (Unknown)
Barus, Jusua (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sering kali masih didominasi oleh metode ceramah. Kondisi tersebut berdampak pada terbatasnya perkembangan kemampuan kognitif siswa, khususnya dalam memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Air Putih, Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 99 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa angket dan tes kemampuan kognitif, yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta analisis regresi sederhana menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F sebesar 1283,983 dengan signifikansi 0,000. Koefisien regresi bernilai positif, yang berarti semakin tinggi penerapan metode pembelajaran aktif, semakin meningkat pula kemampuan kognitif siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran aktif lebih mampu memahami materi, berpikir kritis, menghubungkan konsep PAI dengan realitas, serta menunjukkan antusiasme dalam kegiatan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, khususnya pada aspek kognitif siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengembangkan variasi metode pembelajaran yang lebih interaktif, serta sebagai kontribusi bagi pengembangan kurikulum berbasis student centered learning

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...