ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Role Playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tingkat motivasi belajar peserta didik, serta pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, dengan jumlah responden sebanyak 92 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Role Playing berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata skor 29,83. Tingkat motivasi belajar peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 43,65. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara metode Role Playing terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,567. Artinya, 56,7% variasi motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh penerapan metode Role Playing, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, guru disarankan untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang interaktif dan partisipatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2025