Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam

Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Ibnu Miskawaih

Kubro, Khuzaimatun (Unknown)
Rambe, Masrina (Unknown)
Novianti, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research), yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber datanya. Penelitian ini menggunakan pedekatan fenomenologi dengan sumber data yang digunakan dalam penulisan ini adalah fenomena atau kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang menitik beratkan tentang Analisis Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti, adapun kesimpulan dalam penelitian ini, yakni Ibnu Maskawaih menawarkan konsep akhlaknya dengan mendasarkan pada doktrin jalan tengah (al-wasath). beliau cenderung berpendapat bahwa keutamaan akhlak secara umum diartikan sebagai posisi tengah antara ekstrem kelebihan dan ekstrem kekurangan masing-masing jiwa manusia. Ada tiga hal penting atau pokok yang dapat dipahami sebagai materi pendidikan akhlaknya, yaitu: hal-hal yang wajib bagi kebutuhan tubuh manusia, hal-hal yang wajib bagi jiwa dan hal-hal yang wajib bagi hubungannya dengan sesama manusia. Ibnu Miskawaih menyebutkan tiga hal yang dapat dijadikan sebagai materi pendidikan akhlak, yaitu Pertama, pendidikan yang wajib bagi kebutuhan jiwa (berakhlak kepada Allah). Kedua, pendidikan yang wajib bagi kebutuhan tubuh (berakhlak kepada diri sendiri). Ketiga, pendidikan yang wajib terkait dengan hubungan manusia dengan sesamanya (sosial).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...