Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 3 (2025): September

Optimalisasi Literasi Dasar Melalui Pembiasaan Repeated Reading di Sekolah Dasar Negeri 2 Tampiala

BK, Muh. Khaerul Ummah (Unknown)
Ali, Muhammad Haikal (Unknown)
Sari, Nur Inda (Unknown)
Baharu, Sopyan S. (Unknown)
Nabila, Nabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

Keterampilan literasi dasar, khususnya membaca, merupakan fondasi penting bagi keberhasilan belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar. Namun, masih banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam kelancaran membaca dan pemahaman teks. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi dasar siswa melalui pembiasaan Repeated Reading di SD Negeri 2 Tampiala. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan guru dan siswa dalam kegiatan membaca berulang terhadap teks yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Program dilaksanakan selama satu bulan, tiga kali per minggu, dengan durasi 30–40 menit per sesi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kecepatan membaca (dari rata-rata 55 kata/menit menjadi 82 kata/menit), pemahaman bacaan (dari skor rata-rata 62 menjadi 84), dan kepercayaan diri siswa dalam membaca (peningkatan 25%). Temuan ini mengindikasikan bahwa pembiasaan Repeated Reading efektif untuk meningkatkan kelancaran membaca, pemahaman teks, dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025