Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 7 No 2 (2025): Desember

Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Kalkulator bagi Guru SMP Al Ulum Medan

Narpila, Suci Dahlya (Unknown)
Lubis, Nur Ainun (Unknown)
Matondang, Ade Rahman (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Kurang bervariasinya model yang dipraktekkan guru pada pembelajaran disebabkan oleh minimnya pengetahuan guru terkait model yang menarik dan interaktif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika di SMP Al Ulum Medan dalam mempraktikkan model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru SMP Al Ulum Medan yang berjumlah 8 orang. Pelatihan dilakukan dengan serangkaian kegiatan, pertama workshop terkait model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator, kedua pelatihan teknis terkait implementasi dari model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator dan ketiga yaitu pendampingan dan praktik langsung dimana guru mempraktikkan model tersebut di dalam kelas masing-masing. Setelah dilaksanakannya serangkaian kegiatan pengabdian ini, diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru yang awalnya berada di angka 65,4 menjadi 87,5. Begitu juga hasil praktik model inquiry berbantuan kalkulator, diperoleh rata-rata pelaksanaannya 90% serta tingkat kepuasan guru terhadap kegiatan pelatihan yang dilakukan mencapai angka 85,7%. Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CENDEKIA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Kadiri. Jurnal ini mempunyai komitmen untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan penerapan atau ...