Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas III. Metode hypnoteaching sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran, karena metode hypnoteaching menyampaikan pembelajaran melalui bahasa alam bawah sadar sehingga dapat menumbuhkan motivasi atau minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 60 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan One-Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 60 Pangkalpinang dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas berupa uji Shapiro-Wilk dan pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas III SD Negeri 60 Pangkalpinang dengan nilai pretest = 44,46 dan posttest = 77,83, sedangkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji normalitas pretest menunjukkan hasil pretest 0,087 > 0,05 dan posttest 0,111 > 0,05 sehingga berdistribusi normal. Hasil uji Paired Sample T-Test dengan thitung = 18,382 dan ttabel = 1,691. Selain itu signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti p<0,05. Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 60 Pangkalpinang.
Copyrights © 2025