Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 14 No 1 (2025)

Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa SD Plus Muhammadiyah Pancor

Nuryana, Nuryana (Unknown)
Man Arfa Ladamay, Ode Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SD Plus Muhammadiyah Pancor. Kecerdasan spiritual merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berkontribusi pada pembentukan karakter dan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, serta dampaknya terhadap perkembangan pribadi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, motivator, dan teladan yang efektif. Mereka mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kurikulum melalui kegiatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, seperti diskusi, praktik ibadah, dan kegiatan sosial. Selain itu, guru juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan spiritual siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa peran aktif guru PAI sangat penting dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada pembentukan karakter yang baik dan kesadaran sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik pendidikan di sekolah-sekolah Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...