Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2020)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ‎TEKNOLOGI INFORMASI PADA PESANTREN DI ‎SUMATERA BARAT

Rajab, Rajab (Unknown)
Zulmuqim, Zulmuqim (Unknown)
Hidayatullah, Rully (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran berbasis teknoligi informasi di pesantren, medorong pendidik/guru di pesantren menggunakan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan dipadukan dengan kajian perpustakaan, sehingga akan mendapatkan konsep dan kajian yang mampu membawa pesantren ke era revolusi industeri 4.0. Permasalahan yang terjadi di pesantren antara lain proses pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, sumber pengetahuan utama masih berasal dari guru dan literasi yang berkembang masih calistung (membaca, menulis dan berhitung). Hasil penelitian antara lain; pimpinan pesantren dapat melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi mengunakan Learning Management System (LMS), seperti; Google Classroom, Zoom Clouds Meeting, Schoology dan LMS lainnya. Sehingga proses pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru tetapi terpusat pada peserta didik/santri dan literasi yang digunakan adalah literasi data, literasi manusia dan literasi teknologi. Kata Kunci: Revolusi Industri 4.0, pembelajaran, teknologi informasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

taalum

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Taallum Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN 2303-1891 , e-ISSN 2549-2926 has been accredited Sinta 3 by the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia with the number B/1796/E5.2/KI.02.00/2020. Accreditation starts from Volume 8 Issue 1 of 2020. This journal is a ...