Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 2 (2024): All articles in this issue are written by authors from 2 countries (Indonesia an

Penanaman Karakter Disiplin melalui Shalat Dhuha Berjamaah di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya

Alvina, Alvina (Unknown)
Ajahari, Ajahari (Unknown)
Lutfi, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Karakter disiplin adalah karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa beberapa peserta didik di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya sudah memiliki sikap disiplin khususnya disiplin dalam menjalankan Shalat Dhuha berjamaah sebelum pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dan melalui Shalat Dhuha berjamaah di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek data terdiri dari 3 guru dan seluruh siswa kelas 10 dan 11. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga faktor utama yang menjadi faktor keberhasilan dalam menanamkan karakter disiplin melalui Shalat Dhuha di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya, yaitu adanya dukungan dari orang tua peserta didik, adanya peraturan dan sanksi yang bisa di dapatkan peserta didik jika melanggar peraturan tersebut, dan usaha guru yang merupakan peranan penting dalam menanamkan karakter disiplin ini. Dalam menanamkan karakter disiplin ini juga terdapat faktor penghambat, yang mana kemalasan peserta didik itu sendiri membuat peserta didik menganggap tidak ada gunanya mengikuti peraturan yang ada dan hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran diri peserta didik terhadap tanggung jawab dan karakter disiplin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

taalum

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Taallum Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN 2303-1891 , e-ISSN 2549-2926 has been accredited Sinta 3 by the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia with the number B/1796/E5.2/KI.02.00/2020. Accreditation starts from Volume 8 Issue 1 of 2020. This journal is a ...