Research Journal on Teacher Professional Development
Vol. 1 No. 1 (2023): Research Journal on Teacher Professional Development

Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Makkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Madrasah Aliyah

Rokhmah, Fifi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Makkah di kelas X MIPA 6 MAN 2 Banjarnegara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran window shopping. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siklus I adalah 76,29, Siklus II meningkat menjadi 83,00 dan siklus III meningkat menjadi 88,43. Ketuntasan hasil belajar yang didapatkan adalah 71,43% pada siklus I, meningkat menjadi 85,71% di siklus II dan 100% di siklus III. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran window shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Makkah di kelas X MIPA 6 MAN 2 Banjarnegara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rjtpd

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Research Journal on Teacher Professional Development (RJTPD), ISSN 2988-0432 journal is a means to publish various research results in education and learning in the realm of early childhood education, basic education, secondary edu cation, and higher education. It is hoped that various research ...