Research Journal on Teacher Professional Development
Vol. 1 No. 1 (2023): Research Journal on Teacher Professional Development

Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadits Model Problem Based Learning Materi Keutamaan Memberi

Setiawati, Rini (Unknown)
Nasirudin, Nasirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar al-Qur’an hadits materi hadits keutamaan memberi siswa sangat rendah. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengatahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an hadits, (2) Untuk mengatahui hasil belajar siswa kelas VI semester I di MI Matholi’ul Huda 02 Troso tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits materi  keutamaan memberi setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Troso yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based Learning, ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata pra-siklus rata-ratanya adalah 66. Posttes siklus I nilai rata-ratanya adalah 71,8. Posttes siklus II nilai rata-ratanya adalah 75,5. Posttes siklus III nilai rata-ratanya adalah 85. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai normal gain tiap siklusnya, yakni   hhN-gain siklus I adalah 0,52. N-gain siklus II adalah 0,53 dan  N-gain siklus III adalah 0,727 atau bisa dibulatkan menjadi 0,73. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis dengan menggunakan metode Problem Based Learning, dirasa sudah maksimal karena pencapain nilai diatas KKM sudah melebihi target yang cukup tinggi yaitu 87%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rjtpd

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Research Journal on Teacher Professional Development (RJTPD), ISSN 2988-0432 journal is a means to publish various research results in education and learning in the realm of early childhood education, basic education, secondary edu cation, and higher education. It is hoped that various research ...