JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MISSIO
Vol. 7 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

I SPEAK, THEREFORE, I LEARN: OBSTACLES IN ENGLISH SPEAKING AND WAYS TO COPE

Par, Leonardus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2015

Abstract

Kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan sebuah keniscayaan. Namun, berkomunikasi dalam bahasa Inggris membutuhkan usaha keras, motivasi yang tinggi, dan didukung oleh lingkungan yang memadai. Artikel ini menginformasikan tentang hasiL penelitian survei yang dilakukan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam berbicara Bahasa Inggris, faktor-faktor yang menyebabkan masalah itu terjadi dan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak mahasiswa yang dengan tekun melatih berbicara dalam bahasa Inggris, namun, ada juga mahasiswa tertentu yang tidak pernah melatih berbicara bahasa Inggris. Masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris seringkali disebabkan oleh factor kepribadian, yaitu mahasiswa malu dan takut untuk berbicara, metode mengajar guru yang kurang efektif dalam pembelajaran, dan tidak adanya lingkungan yang memaksa mahasiswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut guru diharapkan mampu menerapkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran berbicara, memotivasi mahasiswa untuk lebih memperhatikan isi pembicaraan saat mereka menyampaikan pendapat, dan mendorong mahasiswa untuk terus melatih berbicara dalam bahasa Inggris di setiap kesempatan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Aims (Tujuan) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah yang memfasilitasi publikasi hasil penelitian, kajian teoretis, dan praktik terbaik di bidang pendidikan dan kebudayaan. Jurnal ini mendukung pengembangan ilmu pengetahuan multidisiplin yang berakar pada ...