JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MISSIO
Vol. 17 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

The Understanding of the Catholic Youth of Ntaur Station Sita Parish Ruteng Diocese of the Eucharistic Values

Maria Sindi Gos (Unknown)
Bule, Oswaldus (Unknown)
Fransiskus Kartijo Udu Nala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Orang Muda Katolik (OMK) memiliki peran penting dalam kehidupan menggereja. Perwujudan peran itu menuntut kemampuan mereka memahami aneka nilai hidup, termasuk nilai-nilai Ekaristi. Hal itu adalah harapan yang belum sepenuhnya tercapai karena terdapat OMK yang belum memahami nilai-nilai Ekaristi itu. Penelitian ini bertujuan membahas pemahaman OMK Stasi Ntaur Paroki Sita Keuskupan Ruteng tentang nilai-nilai Ekaristi itu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara 10 OMK di Stasi Ntaur yang ditanyakan entah mereka memahami nilai-nilai Ekaristi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OMK memahami nilai-nilai Ekaristi, yakni (1) persekutuan dengan Kristus, (2) persekutuan dengan Gereja, (3) pembaruan pertumbuhan rahmat, (4) penebusan dosa, (5) penguatan cinta, dan (6) kepedulian terhadap orang miskin. Meskipun demikian sebagian besar responden tidak memiliki pemahaman yang mendalam. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa OMK Stasi Ntaur belum secara mendalam memahami nilai-nilai Ekaristi. Oleh karena itu perlu dilaksanakan aneka kegiatan seperti katekese dan Ekaristi Kaum Muda untuk memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai Ekaristi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Aims (Tujuan) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah yang memfasilitasi publikasi hasil penelitian, kajian teoretis, dan praktik terbaik di bidang pendidikan dan kebudayaan. Jurnal ini mendukung pengembangan ilmu pengetahuan multidisiplin yang berakar pada ...