JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MISSIO
Vol. 17 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Nearpod terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar

Nur Indah Septiani (Unknown)
Hafiziani Eka Putri (Unknown)
Erna Suwangsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa agar dapat terbiasa memecahkan permasalahan matematis dalam kehidupan nyata. Dengan adanya kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa mampu memecahkan masalah matematis, serta tidak kesulitan saat menyelesaikan soal matematika dalam pembelajarn matematika. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar yang telah mendapatkan model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan berdasarkan KAM rendah, sedang, dan tinggi. Metode penelitian yang digunakan yakni kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest postest control group dengan pokok bahasan perkalian desimal di kelas IV sekolah dasar dengan jumlah subjek sebanyak 44 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar yang mneggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan pendekatan konvensional; 2) Terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar sebesar 69,2%. Maka dari itu, model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod cocok diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar di kelas IV. Peneliti selanjutnya merekomendasikan untuk melakukan penelitian sejenis dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media interaktif nearpod untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Aims (Tujuan) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah yang memfasilitasi publikasi hasil penelitian, kajian teoretis, dan praktik terbaik di bidang pendidikan dan kebudayaan. Jurnal ini mendukung pengembangan ilmu pengetahuan multidisiplin yang berakar pada ...