Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 238 Palembang

Juwanda, Rio (Unknown)
Murniati, Murniati (Unknown)
Putri, Ineke (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Siswa dalam satu kelas berasal dari latar belakang yang berbeda, memiliki kemampuan yang beragam, mempunyai gaya belajar, motivasi, minat yang berlainan sehingga guru perlu menyiapkan pembelajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan objek penelitian yaitu siswa kelas V.A SD Negeri 238 Palembang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil analisis data dari tes tertulis terjadi peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa. Pada hasil tes kemampuan awal, jumlah peserta didik yang memperoleh nilai yang memenuhi ketuntasan sebanyak 14 orang atau sebesar 44%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran berdiferensiasi pada siklus I, siswa yang mendapatkan nilai mencapai ketuntasan sebanyak 25 siswa atau sebesar 78% dan di akhir siklus II, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan sebanyak 30 atau sebesar 94%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPA Siswa kelas V SDN 238 Palembang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...