Abstrak: Guru merupakan komponen pendidikan yang paling utama. Seperti komponen-kpmponen yang lain, contohnya seperti kurikulum, sarana prasarana, dan sebagainya tidak akan berarti apa-apa, jika tidak ada guru yang menerapkan dan menggunakannya. Karena demikian pentingnya seorang guru, telah disepakati bahwa guru merupakan tenaga professional yang membutuhkan berbagai persyaratan yang menjadi profesinya itu dapat dilaksanakan dengan baik. Persyaratan profesi tersebut terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam era digital seperti yang terjadi saat ini, guru professional kembali dipertanyakan persyaratannya. Selain persyaratan-persyaratan yang telah dimiliki sebelumnya, maka perlu tambahan persyaratan lainnya yang sesuai dengan zaman yang berlaku. Sebelum menjadi guru yang professional pasti banyak tantangan-tantangan yang dihadapi. Peran utama guru professional adalah mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevakuasi peserta didik pada pendidikan usia dini. Sebagai guru professional wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan profesionalisme guru dalam menghadapi era teknologi digital saat ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi wawancara yang menunjukkan perolehan hasil dari para pendidik bagaimana cara mendidik siswa di era teknologi digital ini. Dalam artikel ini menjelaskan hasil wawancara para pendidik yang berkaitan dengan teknologi digital di SDN 1 Tirip
Copyrights © 2024