: Hasil observasi pada sebagian guru di SD Negeri 2 Tanah Merah diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran matematika terkhusus pada materi pecahan. Selain itu, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi konsep matematika ketika proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik, faktor lingkungan yang kurang mendukung, dan guru yang belum optimal dalam menerapkan model pembelajaran inovatif ketika pembelajaran. Inovasi dalam penerapan model pembelajaran penting dilakukan guna meningkatkan minat peserta didik dalam belajar dan memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Peserta didik di SD Negeri 2 Tanah Merah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi langsung dan eksperimen penerapan model pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 2 Tanah Merah. Studi literatur dan studi dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan berbagai data pendukung yang diperoleh dari jurnal yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi pecahan. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi setelah kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) peserta didik terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu apabila dilihat dari respon pihak sekolah seperti dari kepala sekolah dan rekan sejawat yang memberikan respon positif serta memberikan masukan terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kemudian faktor keberhasilan lain ditentukan pada penguasaan media, metode, model, dan langkah pada saat proses pembelajaran berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024