Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pemikiran pendidikan Islam menurut Buya Hamka agar dapat diterapkan dalam dunia pendidikan masa kini yang penuh dengan masalah ketimpangan nilai-nilai dan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan, yaitu mengumpulkan buku-buku karya Buya Hamka sebagai data primer serta buku-buku dan karya tulis lainnya tentang Buya Hamka seperti jurnal, skripsi, dan tesis, untuk kemudian dikaji dan dianalisis hingga menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini dibatasi pada pemikiran-pemikiran Buya Hamka mengenai pendidikan, khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemikiran Buya Hamka tentang pendidikan Islam menekankan pada upaya maksimal dalam menumbuhkan dan memperkuat kepribadian individu. Dari hasil kajian ini, penulis menyusun proses munculnya pemikiran Buya Hamka, yang menunjukkan keterkaitan antara pemikiran pendidikan Buya Hamka dengan perjalanan hidupnya. Selanjutnya, penulis melakukan analisis terhadap pemikiran Buya Hamka yang dikaitkan dengan kondisi saat ini, menemukan relevansi pemikiran pendidikan Islam Buya Hamka dengan kondisi terkini, dan menyimpulkan bahwa penerapan pemikiran ini dapat membawa bangsa menuju kehidupan yang lebih baik.
Copyrights © 2024