Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di kelas X 2 Madrasah Aliyah Pompanua, Kabupaten Bone. Permasalahan utama dalam pembelajaran Biologi di sekolah ini adalah rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah dan kurangnya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 60,31% berada dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,87% yang termasuk dalam kategori baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbasis pendekatan CRT mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan relevan dengan karakteristik siswa dan lingkungan belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025