J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Es Teler Umma-Ummi

Putri, Angelia Maysa (Unknown)
Hidayat, M. Syamsul (Unknown)
Kasnowo, Kasnowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat menuntut para pelaku usaha untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pada Es Teler Umma-Ummi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 135 responden yang merupakan pelanggan Es Teler Umma-Ummi. Data dianalisis menggunakan exploratory factor analysis dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil analisis menghasilkan enam faktor baru yang memengaruhi keputusan pembelian, yaitu: faktor 1 (kualitas produk & promosi langsung), faktor 2 (media & komunikasi promosi), faktor 3 (interaksi pelanggan), faktor 4 (layanan dan kepuasan pelanggan), faktor 5 (kualitas produksi minuman), dan faktor 6 (kemudahan transaksi digital). Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi praktis bagi pelaku UMKM dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien, serta memperkaya literatur dalam bidang perilaku konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...