Studi ini menyelidiki filosofi pendidikan dari dua era penting dalam sejarah: Yunani Kuno dan Zaman Keemasan Islam. Dengan memeriksa prinsip-prinsip dan praktik-praktik dasar pendidikan selama periode ini, penelitian ini menyoroti pengaruh yang bertahan lama dari para filsuf Yunani seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles, bersama dengan kontribusi para cendekiawan Islam seperti Al-Farabi, Ibnu Sina, dan Al-Ghazali. Analisis ini mengungkapkan bagaimana pendidikan Yunani Kuno menekankan pemikiran kritis, dialog, dan pencarian kebajikan, sementara Zaman Keemasan Islam mendorong sintesis pengetahuan, mengintegrasikan filosofi Yunani dengan ajaran Islam dan memajukan bidang seperti matematika, kedokteran, dan astronomi. Eksplorasi komparatif ini menyoroti keterkaitan pemikiran manusia dan pencarian pengetahuan yang sama di berbagai budaya dan zaman. Melalui penyelidikan ini, studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang akar historis dari filosofi pendidikan dan relevansinya terhadap praktik pendidikan kontemporer.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024