Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
Vol 15 No 3 (2025)

ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA DIGITAL: MENGKAJI PERUBAHAN PARADIGMA DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN KONTEMPORER

Hadi, Abdul Hadi (Unknown)
Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Era digital menggeser nilai-nilai tradisional dalam pendidikan Islam, menimbulkan ketegangan antara mempertahankan ajaran Islam dan adaptasi teknologi, serta mengurangi interaksi sosial-spiritual dalam pembelajaran daring, sementara kajian antropologis tentang respons masyarakat Muslim masih terbatas. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis antropologi pendidikan Islam dalam era digital dalam mengkaji perubahan paradigma dan praktik pembelajaran kontemporer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, yaitu penelitian yang mengandalkan sumber-sumber tertulis seperti buku, artikel jurnal ilmiah, dan laporan hasil penelitian sebagai sumber data utama.  Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Perubahan Paradigma Pendidikan Islam di Era Digital adalah bahwa era digital telah menggeser paradigma pendidikan Islam dari pembelajaran tatap muka dan berpusat pada guru (teacher-centered) ke arah pembelajaran fleksibel dan berpusat pada peserta didik (student-centered). Tantangan utama adalah menjaga nilai-nilai Islam sambil mengintegrasikan teknologi. 2). Praktik Pembelajaran Kontemporer dalam Pendidikan Islam adalah bahwa praktik pembelajaran seperti e-learning, blended learning, dan flipped classroom semakin populer. Namun, pembelajaran daring sering mengurangi interaksi sosial dan spiritual, menuntut pendidik untuk menyeimbangkan teknologi dengan nilai-nilai Islam. 3). Respons Masyarakat Muslim terhadap Transformasi Digital dalam Pendidikan Islam adalah bahwa respons masyarakat Muslim bervariasi; masyarakat perkotaan lebih terbuka terhadap teknologi, sementara masyarakat pedesaan cenderung mempertahankan nilai tradisional. Upaya adaptasi termasuk pengembangan platform pembelajaran Islami dan pelatihan teknologi bagi pendidik. Jadi, dalam mengimplementasinya sekolah dan lembaga pendidikan Islam perlu mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai Islam melalui model pembelajaran seperti e-learning. Pendidik harus dilatih untuk meningkatkan kompetensi teknologi. Pemerintah dan lembaga pendidikan perlu menyediakan infrastruktur digital yang memadai secra merata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudarrisuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MUDARRISUNA (JM) publishes scholarly articles on education science and Islamic education in particular, based on researches and project reports, book reviews. Jurnal MUDARRISUNA (JM) accepts submission in the field of education science and Islamic education science in scope Aqeedah, Morals, ...