Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 2 (2025)

Pengaruh Media Ahaslides pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 2 Toraja Utara (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Saalino, Susanti Sesilia (Unknown)
Side, Sumiati (Unknown)
Sudding, Sudding (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Ahaslides pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 2 Toraja Utara materi pokok hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Toraja Utara yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, sehingga yang menjadi kelompok eksperimen adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 orang dan kelompok kontrol adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian posttest di akhir pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif diperoleh rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 94,91 dan pada kelompok kontrol adalah 81,7. Analisis inferensial menggunakan uji Mann-Whitney, diperoleh nilai Ⱬhitung > Ⱬtabel pada taraf signifikansi α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media Ahaslides pada Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Toraja Utara pada materi pokok hidrokarbon.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...