JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SDN 1 PABUARAN LOR

Aini, Cantika (Unknown)
Triputra, Dedi Romli (Unknown)
Fitri, Rila Melyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan penjelasan yang merinci hasil yang dicapai melalui pebelitian tersebut. Sebagai hasilnya, tujuan utama dari studi ini adalah untuk menentukan dampak yang terjadi sebelum penerapan metode Storytelling terhadap hasil belajar siswa kelas lima di SDN 1 Pabuaran Lor, yang saat ini dianggap kurang optimal dan termasuk dalam penilaian rendah kurang dari nilai KKM. Selanjutnya, pendekatan pengajaran di Kelas V SDN 1 Pabuaran masih terbatas pada varian tertentu dan semakin fokus pada arahan instruktur. Dengan demikian, proses untuk menganalisis data dari percobaan melalui model desain One Group Pretest Posttest dapat diuraikan. Kesimpulan perolehan data, dapat disimpulkan bahwa, sebelum penerapan teknik Storytelling, siswa kelas V di SDN 1 Pabuaran Lor, Kabupaten Cirebon, memiliki tingkat kompetensi yang buruk. Secara keseluruhan, teknik Storytelling meningkatkan keterampilan berbicara, dengan hasil berkisar dari 36,11% hingga 58,33%, dan dari 5,56% hingga 0%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...