JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

PENINGKATAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEDIA SCRAPBOOK KELAS X SMA NEGERI 1 DEMON PAGONG

Sogen, Pankrasius Muhala (Unknown)
Wissang, Imelda Oliva (Unknown)
Pande, Rikardus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas SMA Negeri 1 Demon Pagong tahun ajaran 2024/2025 dengan mengunakan media Scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode penelitian kualitatif dan kuantutatif. Metode kualitatif digunakan untuk memahami peroses pemahaman dan metode kuantitatif digunakan unntuk mengukur hasil belajar siswa. Kombinasi dari kedua metode tersebut adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang peroses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Demon Pagong yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpul melelui observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan media Scrapbook dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan observasi siswa. Hal ini ditunjukan dengan presentase sebesar 17,35%. Peningkatan ini terlihat dari peningkatkan nilai rata-rata siswa dari siklus l ke siklus ll. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Srapbook dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasilobservasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...