Siswa yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menerima pengetahuan baru, jika siswa pernah mengalami miskonsepsi maka dapat dinyatakan siswa tersebut akan mengalami kesalahan secara berulang sampai siswa tersebut menyadari bahwa konsep yang mereka yakini benar adalah salah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes diagnostik berbasis three tier untuk materi fluida dinamis, dan mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa yang telah diukur menggunakan hasil instrumen tes diagnostik berbasis three tier untuk materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada sejumlah peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan tes. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian ketiga validator terhadap instrumen three tier diagnostic test yang telah divalidasikan oleh ketiga validator dinyatakan sangat valid dan layak digunakan. Persentase miskonsepsi terbesar ada pada sub konsep Hukum Bernoulli sebesar 43%, hal tersebut dikarenakan siswa beranggapan jika tekanan pada bagian dengan luas yang sempit lebih tinggi dibandingkan dengan bagian dengan luas yang lebih lebar, serta kecepatan aliran fluida di bagian sempit lebih rendah daripada di bagian lebar.
Copyrights © 2025