Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 14 No. 2 (2025): Volume 14 Nomor 2 Tahun 2025

Problem Based Learning dalam Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kritis: Analisis Bibliometrik Pada Rentang Tahun 2015 – 2024

Wanti, Wilujeng Trismaya (Unknown)
Admoko, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Seiring meningkatnya perhatian terhadap efektivitas dan penerapan PBL dalam konteks pendidikan, jumlah penelitian terkait pun terus bertambah. Penelitian ini mengkaji tren perkembangan penelitian tentang Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis selama sepuluh tahun terakhir (2015–2024) melalui pendekatan bibliometrik menggunakan VOSviewer. Sebanyak 191 artikel yang diambil dari basis data Scopus untuk kemudian dianalisis berdasarkan distribusi publikasi per-tahun, tipe dokumen, sumber jurnal, kata kunci, afiliasi institusi, dan negara. Hasil analisis menunjukkan bahwa publikasi terkait PBL dan berpikir kritis mengalami fluktuasi dengan lonjakan signifikan pada masa pascapandemi. Indonesia menjadi negara dengan kontribusi publikasi tertinggi, didominasi oleh institusi pendidikan tinggi. Kata kunci “critical thinking” dan “Problem Based Learning” menjadi topik yang paling sering diteliti, dengan fokus utama pada bidang pendidikan, khususnya sains dan medis. Analisis visualisasi mengungkapkan lima kluster utama dalam riset ini, termasuk pendidikan komputasi, matematika, dan fisika, serta sosial. Meski penelitian PBL dalam pendidikan fisika masih terbatas, tren menunjukkan peningkatan yang menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa PBL merupakan pendekatan yang efektif dan fleksibel dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis lintas disiplin ilmu dan memberikan kontribusi penting dalam inovasi pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...